Folk Tips

Tips Camping Di Karang Boma

Camping Di Karang Boma

Karang Boma, mungkin sedikit asing bagi kalian yang tidak menetap dan tinggal di Bali. Karang Boma adalah sebuah tebing yang berlokasi di sekitaran area Pura Pucak Karang Boma, Uluwatu. Tak sedikit pejalan berdatangan untuk menghabiskan malam dan berkemah di tebing ini. Mengingat begitu indahnya pemandangan yang berhadapan langsung dengan laut, juga malam hening yang selalu ditawarkan. Nah, bagi kalian yang berniat camping atau mendirikan tenda dan bermalam di Karang Boma Uluwatu Bali, berikut beberapa tips camping di Karang Boma,

 

  1. Tentukan cuaca yang baik.

Menentukan cuaca selalu menjadi perhitungan utama bagi siapapun yang berencana camping atau berkemah di ruang terbuka, tidak hanya di Karang Boma saja. Tentunya kita tidak ingin hujan tiba – tiba datang saat tengah malam dalam keadaan yang tanpa persiapan, hingga banjir tidak mampu terelakkan. Ditambah dengan kondisi cuaca di Bali yang tidak dapat diprediksi, hal ini harus menjadi perhatian utama saat hendak mendirikan tenda atau camping di Karang Boma.

 

  1. Memilih hari yang tepat

Ada beragam tujuan seseorang untuk melaksanakan camping atau berkemah. Ada beberapa yang memang berencana camping atau berkemah untuk menikmati malam, bercerita, dan bersenda gurau dengan sahabat. Ada pula yang memang berniat untuk menyepi, menikmati alam dalam keheningan dan perenungan. Bila memang bertujuan untuk menyepi, sebaiknya hindari berkemah di akhir pekan. Dimana orang banyak menikmati keseruan berkemahnya di akhir pekan saat hari dirasa lebih panjang dibanding di hari kerja.

 

  1. Persiapkan peralatan dengan baik

Hal yang satu ini tidak boleh diangagap remeh. Kelengkapan peralatan camping termasuk hal utama yang harus dipersiapkan. Tentunya semua orang tidak ingin batal mendirikan tenda hanya karena frame tenda yang tertinggal. Perlengkapan seperti stove dan gas juga harus dipersiapkan sebelumnya bila memang berniat memasak untuk santap malam. Pastikan gas masih terisi dan cukup untuk persediaan semalam berkemah. Tidak perlu bingung untuk mencari perlengkapan kemah seperti tenda, matras, lampu, stove, hingga kayu bakar. Sudah begitu banyak akun instagram yang membuka lapak persewaan alat camping atau kemah.

 

  1. Berangkat lebih awal

Bila kalian saat ini tinggal di Kuta, Seminyak, atau Denpasar, disarankan untuk berangkat lebih awal mengingat Karang Boma berlokasi di Uluwatu yang mana harus ditempuh melalui kemacetan yang sering terjadi di Jl. Raya Uluwatu. Lokasi perkemahan tak terlalu sulit ditemukan, hanya beberapa kilometer dari Pura Luhur Uluwatu. Namun saat tiba di area parkir, kalian harus berjalan kaki melewati semak dan areal peternakan warga untuk mendapatkan view atau pemandangan yang diinginkan. Untuk itu, usahakan tiba di area camping di Karang Boma sebelum matahari terbenam. Berikut lokasi tepat dimana kemah biasa didirikan:

Atau juga bisa klik di sini.

  1. Ijin camping di Karang Boma

Oleh karena Karang Boma adalah area peternakan warga, dikhawatirkan dengan kedatangan manusia dapat menyebabkan binatang – binatang ternak menjadi stress. Ditambah Karang Boma merupakan sebuah tebing yang berhadapan langsung dengan laut, bukan tidak mungkin stress yang berlebih membuat binatang – binatang ternak ini berlarian dan jatuh melampaui tebing. Beberapa warga menuturkan tentang kerugian yang harus ditanggung oleh hilangnya beberapa binatang ternak yang diduga melompat dari tebing dan terbawa arus ombak. Maka dari itu, ada baiknya untuk memohon ijin ke banjar setempat sebelum berniat camping di Karang Boma.

 

Itulah 5 tips utama sebelum berniat memutuskan untuk camping di Karang Boma, Uluwatu. Adapun cerita pengalaman perjalanan Folk & Travel di Karang Boma dapat klik di sini.

You Might Also Like

No Comments

    Leave a Reply

    error: Maaf, Konten Dilindungi

    Pin It on Pinterest