Folk Tips

10 Things To Do In Bali

Folk Travel Indonesia | Indonesia Travel Blog

Bali, atau juga yang biasa disebut Pulau Dewata ini rasanya belum kadaluarsa. Terbukti dari meningkatnya jumlah wisatawan dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase tingkat hunian suatu hotel yang berdiri megah di pulau ini.

Selain menyuguhkan pesona alam yang indah, Bali juga memiliki kebudayaan yang sangat kental di tengah era milenial ini. Tak jarang wisatawan berkunjung hanya untuk mempelajari budaya baru di Bali.

Didukung oleh masyarakat yang sadar wisata, Bali selalu mempunyai cara untuk mempertahankan predikatnya sebagai pulau utama yang wajib dikunjungi.

 

Berikut 10 hal yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pulau Bali.

 

1. Bercengkerama Dengan Senja Di Pantai Double Six Bali

Jika Pantai Kuta sudah terlalu padat untuk bersantai atau bercengkerama dengan Senja, maka Pantai Double Six bisa menjadi alternatif utama untuk menikmati sunset. Beberapa kafe juga tersedia di Pantai Double Six ini, lengkap lengkap dengan suguhan live music nya yang dapat dinikmati setiap matahari sudah terbenam. Selain bersantai di bawah payung pantai, kita juga bisa berkenalan dengan penduduk lokal yang sering terlihat asik bermain bola di sini. Tentu tidak ada salahnya menikmati sunset dengan cara yang baru.

 

2. Mencicipi Balinese Local Food

Babi Guling Bali

Bagi sebagian dari kebanyakan orang, mendengar kata Bali sudah pasti mengingatkannya pada Babi Guling. Makanan paling khas di Bali yang satu ini memang sudah menjadi makanan wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke Bali. Bagi yang menginginkan halal food, pengunjung juga bisa mencoba local food yang lain. Halal food yang bisa dinikmati diantaranya: Ayam Betutu, Nasi Jinggo, Lawar Kuwir, dan masih banyak lainnya.

 

3. Memacu Adrenalin Di Aling – Aling Waterfall

Bosan dengan liburan yang monoton? Tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk singgah sebentar di Kabupaten Singaraja. Singaraja tidak hanya tentang Pantai Lovina dengan lumba – lumbanya. Terlebih dari itu, pengunjung bisa menemukan banyak air terjun yang memiliki keunikan yang berbeda di setiap tempatnya. Salah satunya adalah Aling – Aling Waterfall ini. Saat mengunjungi air terjun ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pengalaman menyusuri persawahan dan sungai – sungai yang sangat indah. Selain itu Aling – Aling Waterfall juga menawarkan berbagai permainan memacu adrenalin, water slide jumping contohnya. Pengunjung diminta untuk berbaring di aliran sungai dengan arus deras sebelum akhirnya terbawa arus dan terjun bersamaan dengan arus itu sendiri. Tentu hal ini sangat menantang untuk dicoba.

 

4. Santap Malam Di Pantai Jimbaran ala Folk & Travel

Jimbaran Seafood

Pengunjung yang pernah berlibur ke Bali dengan jasa travel agent, pasti sudah pernah mencicipi seafood di pinggiran Pantai Jimbaran. Bagaimana tidak? Jimbaran Seafood adalah destinasi favorit di setiap itinerary yang ditawarkan sebuah travel agent kepada pengunjung. Kali ini folkandtravel.com akan merekomendasikan cara unik menikmati seafood di Pantai Jimbaran. Di Jimbaran ada sebuah pasar ikan yang  sangat ramai di pinggir pantai. Pasar Kedonganan namanya. Kita bisa memilih berbagai jenis biota laut dengan harga yang sangat murah. Setelah menyelesaikan transaksi di pasar, pengunjung akan menemui banyak tulisan “jasa panggang” di sekitaran pantai yang berhadapan langsung dengan Pasar Kedonganan. Selain itu mereka juga menyediakan nasi putih serta berbagai pilihan menu minuman. Untuk jasa panggang sendiri pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 7,000,- hingga Rp. 15,000,- per kilo lengkap dengan bumbu dan sambalnya. Menikmati seafood di Pantai Jimbaran akan terasa lebih menyenangkan saat dinikmati bersama keluarga atau bersama teman.

 

5. Berelaksasi Di Lereng Batur

Tuntutan pekerjaan, sibuk padatnya suasana perkotaan, serta permasalahan lainnya terkadang membuat seseorang menjadi stress. Stress yang berkepanjangan dapat menimbulkan banyak efek negatif hingga kematian. Untuk itulah manusia membutuhkan relaksasi. Berbicara mengenai relaksasi, Bali memiliki spot yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tepatnya di lereng Gunung Batur, terdapat dua lokasi pemandian air hangat yaitu Toya Devasya dan Toya Bungkah. Air hangat yang dihasilkan dari kedua pemandian ini berasal dari sumber mata air panas alami yang kaya akan mineral. Sangat cocok untuk menghilangkan stress, kesehatan tubuh, hingga peremajaan kulit. Uniknya lagi, di pemandian ini pengunjung bisa berfoto dengan background pemandangan Gunung Batur yang terlihat sangat dekat praktis dengan Danau Batur nya.

 

6. Memanjakan Lidah Di Pusat Kuliner Bali

Siapa yang menyangka Jalan Dewi Sri yang dulu sepi kini disulap bak pusat kuliner Pulau Bali. Pengunjung dapat menikmati berbagai menu makanan yang tersedia dari berbagai daerah. Seperti surabi bandung contohnya. Warung kecil yang menyajikan berbagai macam olahan makanan khas Bandung ini hampir tidak pernah sepi dari pembeli. Ditambah lagi Warung Pepe yang menyajikan menu andalan pizza khas Italia. Pizza di sini berbeda dengan yang lainnya, proses pembuatannya pun masih sangat tradisional. Dan masih banyak kedai – kedai lain yang menyajikan berbagai menu pilihan sesuai selera.

 

7. Menyambut Pagi Di Bukit Kintamani

Rekomendasi yang absurd tentunya. Dimana pengunjung biasa menikmati sunrise di Pantai Sanur, kini folkandtravel.com merekomendasikan Kintamani sebagai destinasi yang cantik untuk menyambut pagi. Fajar yang berpendar terlihat menyinari Gunung dan Danau Batur hingga terlihat berwarna keemasan. Ditambah lagi kabut tipis yang menyelimuti pepohonan hijau di bibir danau. Pengunjung yang ingin mendapatkan spot sunrise untuk berfoto tentu hal yang satu ini wajib dicoba saat berkunjung ke Pulau Bali.

 

8. Menyaksikan Peselancar Internasional Di Single Fin Uluwatu

Uluwatu sepertinya tidak pernah berhenti memunculkan spot – spot unik yang baru. Setelah Pantai Padang – Padang pernah menggoda musisi internasional Michael Learns To Rock untuk membuat video klip di sana, kini Uluwatu memiliki sebuah beach bar yang tak kalah uniknya. Kali ini Single Fin masuk dalam kategori spot yang wajib dikunjungi. Sembari menikmati menu minumam yang telah dipesan, pengunjung dapat menikmati keindahan ombak Pantai Suluban yang tingginya bisa mencapai hingga 12 kaki. Dan jika pengunjung datang di saat yang tepat, akan terlihat beberapa peselancar kelas dunia sedang menari dengan ombak yang dahsyat. Pemandangan di sore hari pun tak kalah memikat. Sunset dengan angle yang begitu bagus dapat dinikmati dari bar yang berdiri kokoh di atas tebing ini.

 

9. Berpetualang Ke Pantai Nyang – Nyang

Masih di Uluwatu. Pesona alam yang luar biasa indahnya dari Uluwatu tak berhenti menghipnotis setiap orang untuk selalu melakukan eksplorasi alam. Pantai Nyang  – Nyang contohnya.  Tak banyak orang mengetahui tentang keberadaan pantai tersembunyi satu ini, bahkan penduduk lokal sekalipun. Tempatnya yang sangat tersembunyi membuat Pantai Nyang – Nyang sangat sulit untuk ditemui. Rute menuju kawasan pantai ini sebenarnya bisa saja dicari melalui GPS. Akan tetapi trek yang sulit akan menjadi salah satu tantangan baru untuk pengunjung. Pengunjung akan dihadapkan pada jalan berbatu padas yang keras,  dan sangat licin saat musim penghujan. Ditambah lagi pengunjung diharuskan menuruni anak tangga sebanyak kurang lebih 600 hingga 700 langkah dengan kemiringan tangga 70°. Untuk itu pastikan berkunjung dengan kondisi badan yang fit mengingat perjuangan yang akan dibutuhkan saat menaiki dan menuruni tangga. Jalan terjal dan anak tangga yang menguras tenaga akan terobati saat pengunjung tiba di pesisir pantai. Keindahannya tidak perlu dipertanyakan lagi, belum banyak pengunjung yang berdatangan membuat Pantai Nyang – Nyang terlihat masih begitu alami.

 

10. Selangkah Ke Seberang : Nusa Penida

Tentu kalian sudah pasti pernah membaca atau mendengar tentang pulau indah yang berada di tenggara Pulau Bali. Yap! Betul, Pulau Nusa Penida. Pulau cantik yang baru santer dikenal dekade 2010 an ini memiliki banyak pesona alam yang sangat indah dan menakjubkan. Di antaranya seperti Broken Beach, Kelingking Beach, dan Angel Billabong yang memiliki ombak begitu dahsyatnya, dan masih banyak destinasi alam lainnya. Untuk menuju ke Nusa Penida, pengunjung disarankan menyeberang melalui pelabuhan sanur. Ada beberapa pilihan jam keberangkatan, namun tetap disarankan untuk berangkat sepagi mungkin mengingat waktu untuk eksplor Nusa Penida tidak sedikit. Tiba di Nusa Penida pengunjung akan membutuhkan kendaraan bermotor untuk mengelilingi pulau. Untuk biaya sewa motor sendiri kisaran Rp. 50,000 hingga Rp. 80,000. Tarif pun dapat berubah – ubah sesuai dengan keahlian menawar pengunjung. Mengunjungi Nusa Penida tentu ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa di dapatkan di Kuta atau Seminyak.

 

Itulah 10 rekomendasi utama yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Pulau Bali. Tentu masih banyak hal lain yang dapat ditemukan di Bali seperti menyaksikan Calon Arang, belajar surfing, hingga berkenalan dengan penduduk lokal.

Usulan mengenai rekomendasi hal yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bali dapat dituliskan di kolom komentar.

You Might Also Like

No Comments

    Leave a Reply

    error: Maaf, Konten Dilindungi

    Pin It on Pinterest