Makanan & Minuman

Arak Budi Pekerti, Cara Lain Menikmati Bali

Arak Budi Pekerti

Tentang Arak Budi Pekerti

Arak Budi Pekerti merupakan produk lokal arak Bali yang sudah berdiri sejak tahun 2016 dengan cita rasa khas asli Karangasem. Sempat terhenti di tahun 2017 karena bencana alam Gunung Agung yang menyebabkan produsen kesulitan mendapatkan bahan baku, kini di awal 2021 Arak Budi Pekerti kembali hadir dengan cita rasa yang sama dan tetap asli.

 

Minuman Asli Nusantara

Seperti biasa, aku masih belum berhenti bergerilya mencicipi semua buah tangan Nusantara yang beraneka ragamnya.
Di Solo, cukup lama aku menghabiskan waktu tinggal di tengah keramahan budaya nya. Keras dan wangi alkohol hasil penyulingan tetes tebu yang bernama Ciu hampir setiap malam kucicipi bersama teman – teman di lelap tengah kota.
Sopi di Kupang yang sedang naik daun berkat kebijakan pemerintahnya, pernah juga kutenggak saat pertama kali kuinjakkan kaki ku di bawah terik matahari Pasir Panjang.
Pernah juga kucicipi Saguer dan Cap Tikus yang sangat dibanggakan masyarakat Minahasa. Ditambah Lapen Jogja yang produksinya secara resmi dihentikan oleh otoritas setempat, hingga Tuak yang selalu memiliki cita rasa yang berbeda di setiap daerahnya.
Aku cukup berbangga menjadi anak Nusantara dengan beragam budaya dan minuman khasnya, hingga yang terakhir aku berkesempatan mencicipi Arak Budi Pekerti, Arak asli Bali.

 

Menikmati Arak Budi Pekerti

Tak terasa satu dasa warsa sudah kutinggali tanah para leluhur yang suci ini. Bali, tanah para Dewa yang saat ini sedang luka oleh sakitnya pariwisata. Senyum suka cita seakan berubah menjadi wajah murung kegelisahan menanti Bali Kembali.
Sore di penghujung bulan itu, aku dan teman – teman komunitas bermaksud kembali berkumpul setelah sekian lama terpisah oleh kesibukan masing – masing di tengah pandemi.
Seperti biasa, kami memang selalu berkumpul di tengah belantara. Dimana kami semua dapat merasa alam bersetubuh dengan mesra. Beberapa botol Arak Budi Pekerti tak lupa kubawa, berharap teman – teman jatuh cinta.
Matahari menggelincir, merias sore menjadi jingga. Kabut tipis pun turun di Bedugul, di tepi danau kami berkumpul.
Tiwi terlihat sibuk dengan tenda nya, begitu pula ko Erick yang sudah terlalu rindu hangat api unggun katanya. Beberapa kawan pun datang menyusul dengan hati yang rindu dan jiwa yang mungkin lelah. Karena yang kutau tak ada satupun orang di Bali yang tak lelah oleh pandemi.
Api unggun terbakar seiring turunnya embun. Orang – orang mulai mengeluarkan minumannya. Ada Tuak yang lebih sering dipanggil Lau, ada Wine lokal yang katanya untuk ibu – ibu. Ku buka Arak Budi Pekerti, beberapa tengguk kami nikmati dan melingkar di perapian. Sambil mencicipi daging ayam yang dipanggang langsung di atas api unggun.
Kebanyakan dari kami telah lama tinggal di Bali dan tak bisa lagi dihitung dengan jari. Hampir semua dari kami telah mencicipi berbagai cita rasa Arak Bali. Tapi untuk Arak Budi Pekerti, mereka baru pertama kali. Raut wajah mereka menunjukkan suka cita, bagiku ini tanda bahagia.
Banyak orang berasumsi bahwa Arak tetaplah Arak, tapi bagiku yang telah mencicipi puluhan jenis Arak asli Bali, Arak Budi Pekerti tetap yang terbaik. Ia memiliki cita rasa yang berbeda, yang mungkin tak akan pernah bisa diucapkan melalui kata – kata.
Ingatlah, sepeserpun aku tak dibayar untuk ini.

Udara semakin dingin, berbagai cerita dan kerinduan tentang perjalanan telah kami ungkapkan dalam bahasa Budi Pekerti yang saling menghormati. Hingga kami pun lelap di tenda masing – masing.

 

Arak Budi Pekerti

Baca Juga: Air Terjun Banyumala

 

Produk Arak Budi Pekerti

Hingga cerita ini kutulis, dengan Budi Pekerti yang luhur Arak Budi Pekerti menawarkan 4 produk yang bisa kalian pilih sesuai dengan selera.

  • BP30

Adalah BP30, produk Arak Budi Pekerti dengan kadar alkohol paling rendah yaitu 30%. BP30 mungkin akan lebih cocok untuk kalian yang ingin sekedar mencicipi atau hanya ingin bersantai menikmati Arak Bali.

  • BP35

BP35 merupakan produk Arak Budi Pekerti dengan kadar alkohol menengah yaitu 35%. Produk ini ku sarankan untuk kalian yang ingin menikmati Arak Bali bersama teman dari multi golongan. Seperti yang kalian tau, alkohol seperti halnya genre musik. Setiap orang memiliki genre favorit nya masing – masing.

  • BP40

Sebagai produk Arak Budi Pekerti yang memiliki kadar alkohol paling tinggi, BP40 ku sarankan hanya untuk kalian yang memang suka mengkonsumsi Arak. Dan jika dirasa kadar alkohol BP40 terlalu tinggi, kalian bisa saja menambahkan tonic water dan potongan jeruk nipis.

  • BP OAK-SOAKED

BP Oak-Soaked merupakan produk terbaru dari Arak Budi Pekerti yang telah melalui proses maturasi dengan kayu Ek. Proses maturasi yang sempurna membuat BP Oak-Soaked memiliki cita rasa smoky yang khas. Produk ini sangat ku usulkan buat semua aktivitas karena cita rasa nya yang lembut dan mahal.

 

Cara Order Arak Budi Pekerti

Saat ini untuk area Bali belum tersedia gerai non – daring untuk pembelian Arak Budi Pekerti. Tapi kalian bisa membelinya melalui pesan WhatsApp di 0812 4657 3918 atau bisa juga ikuti instagramnya di sini.

Selamat bersenang – senang dengan Arak Budi Pekerti!

No Comments

    Leave a Reply

    error: Maaf, Konten Dilindungi

    Pin It on Pinterest